5 Langkah menjaga suhu pada komputer



Sebuah komputer memiliki banyak bagian, dan hampir semua perangkat ini memiliki sumber panasyang bisa menyebabkan kinerja yang lamban bahkan hardware anda suatu saat bisa berhenti bekerja selamanya. Inilah alasan utama mengapa sebuah komputer harus bisa bekerja dengan kondisi suhu yang ideal, sehingga semua hardware yang anda miliki pada komputer bisa bekerja maksimal, dan kedepannya, komputer anda akan bisa bertahan lebih lama lagi. Sehingga, dalam artikel ini kami memliki tips yang sangat berguna untuk anda agar bisa memberikan solusi pendinginan yang ideal bagi komputer. Berikut dibawah ini ada 5 solusi pendinginan komputer yang bisa dilakukan siapa saja. Beberapa pilihan tersebut bisa anda dapatkan secara gratis, tapi ada pilihan yang mungkin juga bisa menguras biaya. Tapi hey, ini demi menjaga perangkat anda lebih baik dari sebelumnya.

1. Berikan ruang udara yang maksimal

Hal termudah yang dapat anda lakukan untuk menjaga komputer dari suhu panas yang berlebihan adalah dengan memberikan ruang bernapas lebih baik demi menghilangkan hambatan aliran udara. Pastikan posisi komputer anda tidak berhadapan dengan perangkat lain yang menghalangi aliran udara, terutama bagian belakang.
Sebagian besar udara panas mengalir keluar dari ujung belakang casing komputer. Anda setidaknya harus memiliki jarak terbuka antara 2 sampai 3 inci di kedua sisi dan belakang. Ini akan menjaga sirkulasi udara yang lebih baik pada semua perangkat yang ada didalamnya.

2. Selalu menutup Casing PC

Walaupun anda mengira bahwa casing yang terbuka akan memiliki aliran udara yang banyak, justru ini akan menjadi sumber masalah yang akan hadir pada sebuah komputer. Ketika Casing ini dibiarkan terbuka, debu dan puing-puing akan masuk dan menyumbat kipas pendingin lebih cepat jika dibanding casing dalam keadaan tertutup. Hal ini menyebabkan semua kipas akan bergerak lebih lambat dan lebih cepat untuk rusak dari biasanya. Selain itu, aliran udara yang dihadirkan tidak teratur, karena sebuah casing yang tertutup pada dasarnya dimaksudkan untuk memiliki aliran udara yang diatur sedemikian rupa. Ketika udara masuk dari bagian depan, ia akan dialirkan keseluruh penjuru perangkat dan dikeluarkan kembali dari bagian belakang. Ketika casing dibiarkan terbuka, ia justru memungkinkan udara panas kembali lagi ke perangkat tersebut, sehingga akan membuat lebih panas dibanding sebelumnya.

3. Bersihkan Komputer Anda secara berkala

Debu dan kotoran secara perlahan akan menumpuk pada hardware anda setelah sekian lama ia berjalan. Hingga suatu saat, ia akan memberikan mimpi buruk bagi anda. Saatnya kita merubah kebiasaan malas untuk membersihkan komputer kita dari penyakit ini. Dan membersihkan komputer merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi berbagai penyakit yang menghinggap pada PC, apalagi jika anda mengatur jadwal pembersihan ini secara berkala. Anda akan tenang ketika komputer bisa berjalan dengan ideal dan tanpa ada banyak masalah dan bisa bertahan hingga ajal menjemputnya.

4. Pindahkan Komputer Anda

Jika anda menempatkan komputer dengan sumber panas, maka ini adalah mimpi buruk bagi semua perangkat PC. Karena, ini bisa memberikan suhu yang tidak nyaman bagi komputer dan akan memberikan komputer anda kinerja yaang tidak baik. Langkah yang ideal adalah memindahkan komputer anda ketempat yang lebih baik. Sebuah
wilayah yang lebih dingin dan bersih akan menjadi tempat terbaik perangkat anda.

5. Pasang Sebuah Kipas Casing (atau Dua)

Sebuah kipas casing kecil yang menempel baik pada bagian depan atau belakang akan membantu memindahkan aliran udara melalui komputer yang masuk dan keluar. Pilihan yang mahal mungkin akan lebih baik untuk kinerja, tapi memilih yang murah pun tidak akan memberikan masalah yang berarti.

Sekian dari saya semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua..silahkan share dan komentar bila ada pertannyaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Langkah menjaga suhu pada komputer"

Post a Comment