Pengertian tentang XML

Kali ini saya akan share tentang Apa itu Xml dan pengertiannya. Karna banyak dari teman saya yang Mengira XML dan HTML itu sama, tetapi sebenarnya Memang Berbeda dari segi #&&$-@&#- Dari pada banyak bacot mending langsung aja😁

Pengertian XML

Definisi XML  adalah kependekkan dari "Extensible Markup Language". Ya tepat sekali, secara teknis itu harusnya EML.  Loh kenapa?

XML di manfaatkan dalam mendefinisikan dokumen dengan format standar dimana yang dapat dibaca dan di dukung oleh aplikasi-XML yang kompatibel.

Bahasa format xml bisa digunakan dengan halaman HTML, akan tetapi XML itu sendiri bukan bahasa markup. Sebaliknya, XML itu merupakan“metabahasa” yang dapat di pakai dalam membuat bahasa markup untuk aplikasi khusus. Sebagai contoh nya itu, dapat menggambarkan item yang bisa diakses di saat membuka halaman Web. Dimana pada dasarnya, XML ini dapat memungkinkan Anda untuk membuat database informasi tanpa memiliki database yang sebenarnya. Yaa meskipun secara default hanya digunakan dalam aplikasi Web, banyak program lainnya juga yang dapat menggunakan dokumen XML, misalnya kode sumber aplikasi Android.

Mungkin jelasnya pengertian dari XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang telah disarankan oleh W3C dalam hal membuat dokumen markup untuk kepentingan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. Tepatnya XML yaitu kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) dimana yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet. Jadi, untuk membaca bahasa markup ada kesinambungannya. Baca dan cari tahulah selengkap-lengkap nya.

XML justru didesain untuk mempu menyimpan data secara lengkap, ringkas serta mudah dalam mengatur. Kata kunci utama dari XML ini adalah data (jamak dari datum) apabila jika diolah bisa memberikan informasi.

XML juga menyediakan suatu cara terstandarisasi namun dapat dimodifikasi untuk menggambarkan isi dari dokumen. Dengan sendirinya, XML dapat di gunakan dalam menggambarkan sembarang view database, akan tetapi hanya dengan suatu cara yang standar.

Kegunaan dan cara menggunakan XML

Kegunaan dan Cara dalam Menggunakan XML – XML ini memiliki kepanjangan (eXtensible Markup Language) dimana dapat digunakan dalam berbagai aspek pengembangan web, lumrah dipakai dalam menyederhanakan penyimpanan dan juga pertukaran data. Berikut di bawah ini ada beberapa penggunaan umum XML untuk web saat ini:
Banyak digunakan dalam pengembangan web
Sebagai dokumentasi
Sebagai pengembangan database

XML dalam Pengembangan Web

Di sisi lain, Anda bisa berpendapat bahwa ini merupakan penggunaan paling luas dari XML, sebagai XHTML.

Hal ini di karenakan  XHTML hanya sebatas pengerjaan ulang HTML 4.0, banyak situs HTML 4.0 yang memang benar-benar menggunakan bentuk valid di  XHTML.
Akan tetapi dalam hal manfaat XML itu sudah tidak ada sebagai XHTML, tetapi disini Anda boleh membuat dokumen web dari XML dengan menggunakan XSLT dimana untuk mengubah dokumen Anda ke dalam bentuk HTML. Lalu kemudian Anda dapat mengirim XML untuk prosesor XSLT kepada server web dan pada akhirnya melayani hasil nya yang ke browser web. Hal ini lah yang membuat dokumentasi Anda tersedia dalam bentuk format apapun yang Anda butuhkan untuk menjadi di dalamnya.

Sudah paham??? 😂😁😇

Sekian artikel ini moga bermanfaat untuk menambah wawasan Teman semua, bila ada pertannyaan silahkan komentar...
Thanks...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian tentang XML"

Post a Comment